Rabu, 29 Oktober 2014

Tutorial Penggunaan VirtualBox

22.52.00 Posted by Unknown No comments


Virtual Machine adalah software yang membantu kamu untuk menciptakan komputer virtual dengan OS virtual dan hardware virtual. Jadi Virtual Machine lebih mirip seperti akun guest yang kamu miliki di komputer yang kamu gunakan. Namun dengan Virtual Machine kamu tidak perlu berpindah-pindah akun, kamu hanya membutuhkan software tambahan seperti VirtualBox atau VMware Player. Jika kamu menggunakan software utama Windows, dan kamu install dengan salah satu software Virtual Machine dengna OS Windows juga. Maka kamu akan dapat menjalankan Windows di dalam Windows.
File yang kamu miliki di komputer utama tetap dalam keadaan aman, sedangkan di Virtual Machine juga tetap aman. Karena Virtual Machine menciptakan hardware virtual, maka kamu juga tak perlu bingung. Tidak akan ada file yang terkontaminasi antara komputer asli dengan komputer virtual. Semua masing-masing memiliki tempatnya. Sehingga komputer virtual yang kamu ciptakan akan benar-benar seperti komputer asli. Ada RAM, HDD, koneksi internet, USB, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menginstall banyak sistem operasi pada Virtual Machine, kamu memerlukan spesifikasi komputer yang cukup tinggi. Jauh lebih tinggi dari penggunakan memori sistem operasi yang kamu gunakan. Selain itu kamu juga memerlukan hardisk yang besar untuk dapat menginstall berbagai sistem operasi.
Yang diperlukan untuk menginstall sistem operasi di Virtual Machine, DVD, CD atau file ISO dari sistem operasi yang ingin kamu install. Kemudian Spesifikasi komputer yang lumayan tinggi, yang cukup untuk menjalankan 2 OS secara bersamaan. Berikut tutorial cara menginstall Ubuntu dengan menggunakan VirtualBox,bila kalian belum punya VirtualBox silahkan DOWNLOAD DISINI
Pertama-tama buka VirtualBox dan klik New, kemudian akan muncul Window yang meyakinkan kamu untuk menginstall Virtual Machine.




Kemudian beri nama VM dan pilih OS yang akan kamu install, disini saya mencontohkan menginstall Ubuntu. 




Tentukan memori RAM yang kamu inginkan untuk komputer virtual yang kamu buat. Usahakan di daerah hijau dan juga tidak menggangu penggunaan memori utama. RAM yang digunakan oleh komputer virtual akan terbagi jika diaktifkan, namun bila kamu tidak menggunakan komputer virtual. RAM akan tetap digunakan sepenuhnya oleh komputer utama.

 

Selanjutnya tentukan memori hardisk untuk komputer virtual kamu.





 

Karena kita akan menginstal ubuntu jangan lupa klik system pilih processor kemudian centang PAE/NX, klik OK.



Jalankan komputer virtual yang telah kamu buat tadi dengan mengklik tombol Mulai.


Ketika ada First Run Wizard muncul, klik Next.



Jika kamu menggunakan CD atau DVD pilih drive yang kamu miliki, namun jika kamu mempunyai file ISO maka pilih gambar folder


Maka akan muncul virtual media manager klik tambah kemudian cari file ISOnya, klik open.



Maka akan muncul file ISO kamu di Virtual mesin, klik pilih



 

Klik Finish, Jenjreng...... jika muncul gambar seperti berikut maka instalisasi kamu telah sukses. 




Catatan buat kalian : jika ingin langsung muncul OS tanpa harus menginstal kembali lebih baik menggunakan snapshot.
Semoga bermanfaat.....
 


0 comments:

Posting Komentar

Game Strategi